Kabupaten Gianyar dalam Parade Gong Kebyar Wanita di Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40.

Denpasar (Bisnis Bali) – Parade Gong Kebyar Wanita dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 memang selalu ditunggu-tunggu para pencinta seni dan masyarakat. Terbukti saat penampilan Gong Kebyar Wanita Semara Murti, Celuk, Sukawati duta Kabupaten Gianyar dengan Gong Kebyar Gita Manik Swari, Dawan Kelod sebagai duta Kabupaten Klungkung di Areal Panggung Terbuka Ardha Candra, Senin (2/7), malam penuh sesak oleh penonton.

Kebanyakan penonton ingin meiihat aksi para wanita  memainkan irama gambelan yang selama ini identik dimainkan pria. Namun dengan kecekatan, kecepatan, keluwesan dan ketepatan. Penonton memberikan tepuk tangan yang meriah kepada masing-masing perwakilan. Kedua duta kabupaten bertetangga ini bergantian menabuh gambelan.

Paling mencuri perhatian adalah Sekaa Gong kebyar Semara Murti Duta Kabupaten Gianyar yang begitu cekatan dan tanpa ada kesalahan dalam memainkan gambelan demi gambelan.

Sebagai tabuh pembuka, Sanggar Semara Murti yang juga pernah menjadi Duta Gianyar tahun 2016 mempersembahkan tabuh berjudul  Sraya Pati, Tari Tani, Tedung Jagat dan Tabuh Kreasi Krepetan.

Koordinator Sanggar Semara Murti, Ni Nyoman Srayamurtikanti mengatakan, Sekaa Gong Wanita Semara Murti terbentuk pada 2015 lalu.

“Kami juga aktif berkesenian¬† di tengah-tengah rutinitas sebagai desa kerajinan mas dan perak” ungkapnya.

Ni Nyoman Srayamurtikanti berharap sanggarnya saat pentas di Ardha Candra Mebarung dengan duta Kabupaten Klungkung dapat menjaga nama Gianyar sebagai daerah gudang seni. (kup)