Bibit Manggis Unggul Kaligesing dan Lingsar Direkomendasi

46

KESUKSESAN budi daya manggis terletak pada pemilihan bibit unggul, karena bibit paling menentukan hasil dari sebuah budi daya. Bibit manggis kaligesing dan lingsar menjadi rekomendasi, bagi para petani yang ingin membudidayakan manggis.

Wayan Gede Natih pemilik UD Lanusa, Jalan By Pass Ngurah Rai 17A, Padang Galak – Sanur – Denpasar mengatakan manggis kaligesing merupakan manggis terbaik yang sudah berstandar ekspor. “Bibit manggis kaligesing dan lingsar memiliki berbagai keunggulan dari segi cita rasa dan manfaatnya. Salah satu keunggulan adalah cepat berbuah dan tahan terhadap hama,” ungkap pengurus Asosiasi Pengusaha Hortikultura (Aspehorti) Bali tersebut.

Manggis asal Jawa Tengah tersebut memang cukup terkenal karena memiliki karakter buah berbentuk bulat berwarna merah tua hingga ungu, rasanya  manis, buahnya kenyal, putih bersih dengan bobot perbuah rata-rata mencapai 100-125 gram. Manggis kaligesing ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia dan sudah berstandar ekspor.

Gede Natih menambahkan, dalam memilih bibit, pilihlah yang terlihat sehat. “Kalau bisa pilih bibit yang sudah mulai bercabang. Umur minimal  2 tahun agar lebih cepat berbuah,” katanya. Harga bibit berkisar Rp 35 ribu hingga Rp 150 ribu, tergantung umur dan ukuran.  (pur)