Mobil Warna Putih Trendi, Mampu Tekan Kecelakaan?

12

Warna putih menjadi tren otomotif roda empat belakangan ini. Produsen mobil pun seperti berlomba-lomba mengeluarkan mobil dengan varian warna putih. Kenapa demikian?

WARNA putih seakan-akan mengubah citra dari warna yang gampang kotor menjadi tren warna baru. Warna putih menjadi warna favorit, baik pengguna mobil pria maupun perempuan.

 Menurut kalangan otomotif, tren warna putih mulai menggerus permintaan mobil warna silver dan hitam. Menurut Kepala Cabang Auto 2000 Denpasar, Haris Prasetya, permintaan mobil warna masih mendominasi hingga saat ini, mulai dari varian sedan, city car, hatchback, MPV hingga SUV. “Dari total penjualan kami, sekitar 85 persen permintaan mobil warna putih, dan sisanya warna silver, hitam, abu hingga merah,” ujarnya.
Lanjutnya, warna putih juga banyak jenisnya, seperti warna putih tulang, putih gading, hingga putih mutiara.

Katanya, dulu warna putih adalah yang paling banyak dihindari karena terkesan mobil ambulance.Selain itu, dulu juga ada persepsi yang sedikit keliru bahwa warna putih gampang kotor seperti pada baju. Faktanya, untuk mobil justru warna hitam yang terkena debu sedikit saja langsung terlihat kumuh meskipun baru dicuci.
Hal senada diungkapkan General Manager Kia Bali, Dodi Dikariawan. “Dalam delapan tahun terakhir, warna putih sudah makin sejajar pamornya dengan silver dan hitam di pasar otomotif,” ujarnya. (aya)