Perekonomian Bali Tumbuh  Kadin Titip Lima Harapan kepada Gubernur Terpilih  

16

Denpasar (Bisnis Bali) –Kadin Bali menaruh harapan gubernur dan wakil gubernur terpilih bisa membuat blue print pembangunan yang terintegrasi, merata dan berkesinambungan dalam upaya meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Pulau Dewata.

“Ada 5 harapan kepada gubernur yang terpilih nantinya agar bisa meningkatkan perekonomian, termasuk merangkul para pelaku usaha di Bali,” kata Ketua Kadin Bali Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra di Sanur, Kamis (28/6) kemarin.

Ia mengatakan, lima hal tersebut yaitu pertama ada kerja sama antara pelaku usaha (Kadin) dengan gubernur yang signifikan dalam upaya pengembangan dunia usaha dan perekonomian Bali secara merata.

Kedua membangun blue print perekonomian Bali secara keseluruhan yaitu memuat sektor-sektor apa saja yang bisa dikembangkan dari potensi suatu daerah.

“Misalnya setiap kecamatan di Bali ada produk unggulan yang bisa ditawarkan sehingga perekonomian di kecamatan tersebut bisa bangkit dan efeknya kepada Bali jika semua kecamatan di Pulau Dewata ini memiliki produk unggulan tersendiri,” ujarnya.

Ketiga adanya blue print ekonomi dan pariwisata yang menyatu, bukan hanya pariwisata yang dikembangkan namun ekonominya juga tumbuh. Pariwisata selama ini terbukti mampu mensejahterakan masyarakat Bali. Karenanya, Alit berharap pengelolaan pariwisata yang lebih terpadu sehingga bisa membuat posisi tawar Bali makin tinggi terutama dalam menghadapi persaingan antardestinasi wisata internasional.

“Tentunya kepala daerah Bali yang terpilih nantinya bisa mendorong pengembangan wisata berkualitas,” paparnya.(dik)