Duduk Bersama, Pemilik dan Pengelola LPD Ambengan Bahas  ’’Pararem’’

19
Paruman membahas pararem LPD bersama dengan unsur Adat Dinas Desa Adat Ambengan. 

Singaraja (Bisnis Bali) – Guna memberikan hak serta kewajiban pemilik serta pengelola LPD, belum lama ini, sejumlah unsur Adat dan Dinas Desa Ambengan melaksanakan kegiatan paruman bersama dengan pengurus dan pengelola LPD Ambengan di Gedung lantai III LPD Ambengan, Kecamatan Sukasada Buleleng.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Prajuru Desa, Kerta Desa, Kelian Banjar Adat, Kelian Banjar Dinas dan Kelian Desa Adat Ambengan  serta Perbekel Desa Ambengan yang sekaligus sebagai pengawas (panureksa) internal.

Made Nyiri Yasa, S.Sos .,M.MA., selaku prajuru LPD yang sekaligus  sebagai pamucuk LPD Desa Adat Ambengan  menjelaskan, paruman atau rapat ini diselenggarakan setiap sembilan tahun sekali, menyesuaikan dengan masa jabatan Kelian Adat Desa Pakraman.  Rapat ini bertujuan untuk menyusun Pararem Desa Pakraman Ambengan tentang LPD Desa Adat Ambengan, agar dapat digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan operasional LPD. “Antara pemilik dan pengelola LPD ini, secara teknis hak dan kewajibannya biar diatur di dalam pararem ini termasuk teknis dalam operasional LPD,”tuturnya.

Dalam paruman ini yang dibahas  diantaranya, menyangkut organisasi, pesangon dan jasa, ketetapan dan peraturan – peraturan dalam menjalankan usaha, perkreditan dan simpanan. “Perarem ini akan dilaksanakan setelah dilakukan penetapan atau pararem agung di Desa,”imbuhnya.(ira)