Adaptasi Konsep Kokedama  Tanaman Hias Gantung Miliki Nilai Jual Tinggi

39
TINGGI-Dengan konsep kokedama, tanaman hias gantung memiliki nilai jual tinggi. Tampak sejumlah tanaman hias yang menggunakan konsep kokedama.

BISNIS pertanian yakni budi daya tanaman hias memang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budi daya tanaman hias ini tidak sulit, bisa dimulai dengan modal kecil dan bisa dilakukan di lahan kecil atau pekarangan rumah.

Seperti yang ditekuni Kadek Ari Sugiarta, pemilik usaha tanaman hias gantung dari kawasan Banyuning Singaraja. Dengan mengubah media tanam dari pot dengan menggunakan serabut kelapa, dirinya mampu menciptakan tanaman hias gantung berbentuk bola bernilai jual tinggi.

Diakuinya, bisnis tanaman hias mulai dikembangkan sejak enam bulan lalu. Konsep tanaman hias gantung ini mengadaptasi seni menanam tradisional ala Jepang yakni kokedama dan disesuaikan dengan kondisi Buleleng yang beriklim tropis. Kokedama yang sebenarnya adalah menggunakan media lumut yang dibentuk bola, sementara kokedama karyanya menggunakan serabut kepala sebagai media tanam.

Dijelaskannya, proses pembuatan tanaman hias gantung ini tidak sulit. Bibit tanaman hias disemai terlebih dahulu selanjutnya dipindahkan pada media tanam yakni serabut kelapa dengan cara dibungkus, kemudian dililit dengan menggunakan benang berwarna coklat hingga berbentuk bulat seperti bola dan tanaman hias siap digantung. “Karena menggunakan serabut kepala, tanaman hias ini sangat ringan. Beratnya tidak sampai sati kilogram,” imbuhnya. (ira)