Miliki Banyak Penggemar, Jajan Cerorot Manis dan Legit

37

Denpasar (Bisnis Bali)- Pecinta kuliner, utamanya yang suka icip-icip kudapan, kue yang satu ini tentu tidak kalah enaknya dibanding jenis kue lainnya. Meski tergolong jajanan tradisional, cerorot ternyata banyak penggemarnya. Ada yang mengatakan, kue berbentuk terompet ini berasal dari lombok. Akan tetapi nyatanya kue ini juga bisa di dapatkan dengan mudah di Bali.

Cara membuatnya unik, karena kue ditempati wadah yang dibuat dari janur yang dililit sedemikian rupa hingga membentuk terompet, lalu  diisi adonan kue yang kemudian dikukus dengan pengukus khusus, sehingga adonan cerorot tidak tumpah.

“Sebenarnya prosesnya susah susah gampang, kalau kita tidak bisa buat wadahnya bisa bocor dan adonan tumpah. Jadi, harus benar-benar bagus wadahnya,” ungkap Aris, penjual jajan cerorot di Denpasar.

Sementara kalau dilihat dari bahan kuenya sebenarnya sangat sederhana, diupayakan tepung yang digunakan adalah, tepung beras Bali yang diolah fresh, alias bukan tepung kemasan. Ini penting, karena mempengaruhi cita rasa dan tekstur kue. “Saya biasanya pakai tepung beras yang dibuat dan tidak pakai tepung kemasan, jadi rasa kue benar-benar enak dan kekenyalannya juga bagus,” ungkap Aris. (ita)