Kerajinan ’’Keben’’ Berbahan Koran Menjanjikan

31

Tabanan (Bisnis Bali) – Kerajinan keben dengan menggunakan bahan baku koran bekas menjadi salah satu jenis kerajinan yang cukup menjanjikan sekarang ini. Betapa tidak, berbahan baku koran membuat tampilan keben menjadi unik, namun memiliki ketahanan yang tak kalah dengan bahan baku yang digunakan pada umumnya, sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen belakangan ini.

Salah seorang perajin keben dari koran bekas, Wayan Sugiana dari dari Banjar Utu Desa Babahan Penebel Tabanan, belum lama ini mengungkapkan, kerajinan keben dari koran bekas cukup menjanjikan karena memang diminati pasar saat ini. Imbuhnya, peminatnya bahkan tidak terbatas pada lokal Tabanan saja, namun permintaan pasar di kabupaten/kota lainnya.

“Pangasa pasar sudah menyebar keseluruh Bali. Selain itu, ada yang menjadi reseller, bahkan hasil kerajinan saya sudah masuk ke toko modern maupun toko oleh-oleh saat ini,” terangnya.

Jelas Sugina, permintaan pasar juga datang dari kalangan usaha restoran, namun meminta kerajinan dalam bentuk kotak tisu mencapai 60 unit. Katanya, banyaknya permintaan pasar ini karena memang kerajinan berbahan koran bekas ini tergolong unik dengan bentuk yang beragam dan harganya terjangkau, tidak saja bisa dibuat menjadi keben, namun ia bisa memanfaatkan koran bekas menjadi kerajinan kotak tisu, tempat kuangen, bokor hingga tempat buah. (man)