Festival Panji Internasional 2018 Menggugah Warisan Bersama Sastra dan Budaya Panji

259

Denpasar (Bisnis Bali) – Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini akan kembali menggelar festival Panji internasional. Dalam jumpa pers yang dilaksanakan di Art center Denpasar, Rabu (27/6) dikatakan, festival akan dibuka Kamis (28/6) di Ksirarnawa Art Center Denpasar, pada pukul 20.00 Wita.

Wiyono Undung Wasito, Humas Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, festival Panji  ini sebenarnya upaya untuk sinergikan kegiatan festival yang ada di daerah dengan pusat. Jadi dari segi pendanaan juga bersinergi.

Kenapa Festival Panji, katanya, karena cerita Panji ini merupakan lokal genius yang merupakan produk asli buatan Indonesia yang mulai dilupakan. “Upaya pelestarian lokal genius ini, ternyata mendapat respon positif dari berbagai negara tetangga,” tuturnya.

Program Festival Panji Internasional 2018, yang akan melibatkan peserta dari negara ASEAN dan pembicara/peneliti mancanegara dalam seminar internasional. Festival Panji digelar secara roadshow yang akan melintasi 8 kota besar seperti Denpasar, Pandaan, Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Yogyakarta dan Jakarta. Berlangsung mulai 27 Juni sampai 13 Juli 2018. (pur)