Teknik Tabulampot Jambu Sukun agar Rajin Berbuah

1007
BERBUAH - Jambu dalam tabulampot mulai berbuah. (pur) 

TABULAMPOT tanaman buah belakangan makin diminati oleh para penghobi tanaman. Tabulampot yang paling umum dibuat adalah tanaman jambu, salah satunya jambu sukun merah yang rasanya manis dan buahnya tanpa biji.

Melihat tabulampot  jambu sukun merah berbuah lebat tampak bergelantungan, menjadi kebanggaan tersendiri bagi penghobi tanaman. Untuk membuat tabulampot rajin berbuah memang tidak mudah dan membutuhkan perawatan ekstra ketimbang menanam di tanah.

“Bila Anda tertarik untuk membuat tabulampot jambu sukun merah, sebaiknya mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara perawatan tanaman jambu sukun merah dengan baik dan benar,” kata Komang Adi, penjaga stand Rosemary di Pasar Beringkit, Kabupaten Badung.

Langkah pertama yang harus  dilakukan dalam membuat tabulampot jambu sukun merah adalah memilih bibit yang berkualitas. Pilihlah bibit yang sehat dan bebas dari hama dan penyakit, memiliki daun hijau segar tidak kering dan tidak layu, memiliki batang kokoh tidak kurus, dan memiliki percabangan yang baik. Pastikan bibit ini berasal dari okulasi yang sehat dan telah berumur 5-6 bulan. (pur)