PPh Final 0,5 Persen akan Angkat Daya Saing UMKM

18
ULUN DANU - I Wayan Dipta didampingi Sekkab Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa di sela-sela ajang Ulun Danu Beratan Festival (man)

Tabanan (Bisnis Bali) –¬†Kebijakan terbaru pemerintah dengan penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) final untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi 0,5 persen, menurut Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM Ir. I Wayan Dipta, M.Sc. akan mampu makin meningkatkan daya saing pada era persaingan global. Kebijakan ini sekaligus merupakan salah satu keberpihakan pemerintah kepada UMKM nasional sekarang ini.

“Penurunan pajak ini akan membuat biaya atau cost yang ditanggung para UMKM akan makin kecil dari sebelumnya sehingga dari penurunan ini diharapkan pelaku usaha bisa menjadi berdaya saing kedepannya,” tutur Wayan Dipta, di sela-sela pembukaan Ulun Danu Beratan Art Festival ke 4 di Tabanan, Minggu (24/6) lalu.

Terangnya, pemerintah dengan penurunan pajak ini, ingin mendorong UMKM agar naik kelas. Imbuhnya, pajak yang murah akan membuat pelaku usaha ini menjadi kompetitif. Sebab biaya yang mereka (UMKM) keluarkan akan makin rendah sehingga mereka bisa menginvestasikan modalnya untuk saving maupun pengembangan bisnisnya pada masa yang akan datang. (man)