PKB Ke-40, Jadi ”Magnet” Datangkan Wisman ke Bali?

22
PKB - Rangkaian pawai dan garapan seni yang meramaikan pembukaan PKB ke-40. (kup)

Pesta demokrasi pilgub/pilkada di Bali akan disandingkan dengan pesta budaya dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB). Sejauhmana PKB ke-40 yang bersamaan dengan perhelatan politik bisa menjadi pembuktian masyarakat Bali berbudaya dan menjadi daya tarik wisata?

PKB 2018 akan berlangsung selama 1 bulan penuh mulai 23 Juni hingga 21 Juli dengan tema “Teja Dharmaning Kauripan” atau Api Spirit Penciptaan. Ini diharapkan mampu membangun dan mengobarkan semangat masyarakat serta menciptakan iklim yang kondusif, kreatif, inovatif, serta arif dalam menyikapi berbagai peristiwa termasuk pesta demokrasi.
Pawai pembukaan PKB ke-40 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo Sabtu (23/6) lalu di depan Monumen Bajra Sandi Renon.
Pawai pembuka diawali kontingen ISI Denpasar dengan menampilkan garapan Siwanataraja, yang juga maskot PKB yang diiringi gamelan Ketug Bumi.
Usai penampilan dari ISI Denpasar, dilanjutkan dengan persembahan dari Pemerintah Provinsi Bali yang menampilkan garapan dengan judul Semaradahana serta dilanjutkan duta kabupaten/kota.
Pelaku seni yang juga Ketua INCCA Bali, IB Surakusuma mengatakan, pelaksanaan PKB ke-40 bagian perwujudan pariwisata budaya yang bersumber dari kebudayaan Bali. Walaupun bersamaan pelaksanaan pesta demokrasi pilgub/pilkada, pesta budaya mampu bersanding dengan pesta demokrasi tanpa mesti berbenturan dengan kepentingan politik.
Konsul Kehormatan Polandia untuk Bali ini melihat, PKB itu adalah produk kreatif yang bersumber dari akar budaya masyarakat Bali. Ini suatu perhelatan yang bersumber dari aneka ragam budaya dari masyarakat Bali. Pesta budaya ini juga sebagai magnet daya tarik dari Pulau Bali.
Ini bisa terlihat dalam pawai pembukaan PKB ke-40, duta Denpasar menampilkan wayang wong, ngelawang, dan penampilan pamungkas fragmen Babad Peguyangan. Kabupaten Bangli yang menampilkan busana khas daerah, upacara mekala dari Trunyan, gebogan, dan tradisi ngerebeg dan dilanjutkan duta kabupaten di Bali yang lain.  (kup)