Pelaku Usaha Sambut PPh Final 0,5 Persen

22

Mangupura (Bisnis Bali) – Pemerintah memberikan stimulus fiskal dengan memberlakukan pemangkasan pajak penghasilan (PPh) final bagi UMKM dengan menurunkannya dari 1 persen menjadi 0,5 persen yang beromzet maksimal Rp 4,8 triliun per tahun.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bali Nengah Nur Laba di Nusa Dua, Senin (25/6) kemarin, menyambut baik PPh final yang diturunkan menjadi 0,5 persen karena pemerintah memberikan subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Bagi pelaku usaha UMKM tentu harus dilengkapi NPWP, bisa membuat laporan keuangan secara sederhana,” harapnya.

Ia pun menaruh harapan, pemerintah, Kadin dan asosiasi lainnya bersama-sama mensosialisasikan kebijakan ini kepada pelaku usaha di sektor UMKM, termasuk kepada anggota Apindo yang jumlahnya saat ini kurang lebih 500 perusahaan.

Wakil Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali Bidang Finansial dan Moneter IB Kade Perdana mengatakan, kebijakan ini tentu disambut baik karena ada perhatian yang cukup tinggi terhadap keberadaan UMKM.

Harapannya, pemerintah bisa memperkuat daya beli, menggerakkan perekonomian, mendorong UMKM agar ke depan bisa bermetamorfosa menjadi usaha besar yang sehat dan kuat. (dik)