JAMBU sukun merah banyak mengandung vitamin dan serat, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Buah yang satu ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam produk, untuk menambah nilai jualnya.

Warna daging jambu biji sukun yang merah menurut Ir. Ari Maya Dewi, M.P., dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana, mengindikasikan bahwa jambu biji ini kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan sebagai sumber antioksidan. Salah satu kandungan yang tidak kalah penting  pada jambu sukun merah adalah vitamin C yang dipercaya mampu menumbuhkan kolagen, protein yang mendukung sel dan jaringan tubuh.

Selama ini jambu biji merah lebih banyak diolah menjadi jus saja padahal jambu biji bisa diolah menjadi berbagai olahan seperti roti, dodol, sirup, selai, keripik, es krim, manisan dan  berbagai jenis olahan lainnya. “Sebenarnya sangat banyak produk yang dihasilkan dari jambu biji terutama jambu sukun merah. Dengan produk olahan tersebut nilai jual jambu bisa dijaga dan petani bisa mendapatkan nilai tambah,” katanya.

Saat panen raya jika jambu tidak diolah, dikhawatirkan jumlah jambu biji yang begitu banyak dapat mengancam anjloknya harga jambu biji di pasaran. Hasil olahan tersebut tetap memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan, karena mengandung antioksidan, meningkatkan kesehatan mata, mengandung vitamin B kompleks, menjaga tekanan darah dan menjaga kesehatan kulit. (pur)