LDP Sanatana Gelar Diklat Uji Kompetensi Fokus Materi Bermutu, Jangan hanya Kejar Sertifikat

17
DIKLAT - Kadiskop UKM Bali, Gede Indra sedang menyematkan tanda peserta Diklat dan Uji Kompetensi Koperasi Jasa Keuangan Kabag Akuntansi yang diselenggarakan LDP Sanatana. (sta)

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemerintah mengapresiasi pada lembaga diklat dan gerakan koperasi yang sudah melaksanakan dan mengikuti diklat uji kompetensi swadaya. Melalui diklat uji kompetensi mampu mengangkat citra koperasi. Asal peserta tidak hanya mengejak sertifikat saja, melainkan memahami dan mengerti materi yang diberikan lembaga diklat. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Gede Indra, S.E., M.M., saat membuka Diklat dan Uji Kompetensi Koperasi Jasa Keuangan Kabag Akutansi yang diselenggarakan LDP Sanatana di Gedung Madu Sedana Sanur, Senin (25/6).

Gede Indra ‎memberikan apresiasi kepada penyelenggara diklat di Bali. Apalagi diklat yang dilaksanakan sampai uji kompetensi dengan biaya swadaya. Karena, pada umumnya gerakan koperasi menginginkan sekaligus menunggu fasilitasi pemerintah. Padahal, dana yang ada sangat terbatas dan menjadi keputusan tepat jika pengelola koperasi dapat memanfaatkan dana pendidikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa gerakan koperasi telah menyadari serta ikut memikirkan solusi dalam memecahkan permasalahan di bidang sumber daya manusia (SDM). Terutama dalam mengelola koperasi. ”Seperti diketahui bahwa data yang ada sampai hari ini di Bali jumlah koperasi sebanyak 4.850 koperasi. Dari jumlah koperasi ini dapat menyerap karyawan sebanyak 22.067 orang. Masih banyak para pengelola koperasi yang belum bersertifikasi. Dengan adanya diklat profesi seperti ini diharapkan dapat membantu pempercepat mengatasi kelemahan SDM dalam pengelolaan koperasi. Atas nama Pemprov Bali mengapresiasi kepada LDP Sanatana dan KSU SIDI yang secara rutin melaksanakan diklat secara teknis melalui diklat uji kompeten, sehingga tata kelola KSP dan USP lebih baik dan kepercayaan anggota terus meningkat,” katanya. (sta)