Presiden Jokowi Minta Usaha Menengah jangan Ambil KUR Sosialisasikan PPh Final UMKM 0,5 Persen

48

Denpasar (Bisnis Bali) – Presiden Joko Widodo pada Sabtu (23/6) lalu melakukan sosialisasi aturan baru pajak penghasilan (PPh) final 0,5% bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Acara yang berlangsung di kawasan Sanur itu, diikuti lebih dari 1.000 pelaku UMKM di wilayah Bali.

“Setiap saya ke daerah, banyak keluhan karena PP yang lama PPh finalnya itu kan 1 persen. Pak 1 persen itu gede lho pak, kita berat pak,” kata Presiden dalam sambutannya.

Atas dasar keluhan-keluhan masyarakat tersebut, pemerintah membuat kebijakan baru dengan mengeluarkan revisi atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013, yaitu PP Nomor 23 Tahun 2018. Di PP yang baru ditandatangani Presiden tiga hari lalu itu, pajak penghasilan (PPh) final bagi UMKM diturunkan menjadi 0,5 persen.

“Kini sudah kita ubah, PPh final itu hanya 0,5 persen. Pelaku-pelaku usaha kecil, mikro diberi pilihan boleh pakai buku, boleh pakai PPh final,” lanjutnya.

Selain karena keluhan masyarakat, Presiden mengatakan, penurunan PPh ini juga adalah upaya untuk mendorong para pelaku UMKM agar bisa meningkatkan dan mengembangkan usaha ke tingkat yang lebih tinggi. (pur)