Jokowi Harapkan Karya Seni Jadi  Sumber Energi Kemajuan Bangsa

20

Denpasar (Bisnis Bali) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dunia seni adalah dunia kreatif, dunia yang tidak monoton, yang berakar dan beradaptasi dengan perubahan dunia yang begitu cepat. Untuk itu, Presiden Jokowi mengharapkan semua Institut Seni Indonesia (ISI) di Indonesia agar terus melahirkan pemikiran dan karya-karya kreatif, sebagai salah satu upaya menghadapi perubahan dunia yang begitu cepat. ISI menjadi tempat berseminya kreativitas yang melahirkan pemikiran-pemikiran dan karya-karya kreatif.

“Di Indonesia, khususnya di Bali, saya bangga dan saya apresiasi melihat tumbuh dan berkembangnya kewirausahaan kreatif yang berbasis pada sastra, seni dan budaya,” tegas Presiden Jokowi saat memberikan kuliah umum dengan tema Pemajuan Kesenian Nusantara dalam Menjaga Kebhinnekaan dan Persatuan Indonesia, di hadapan ribuan siswa dan mahasiswa di kampus ISI Denpasar, Sabtu (23/6) lalu.

Menurut Presiden, kekayaan budaya bangsa yang sangat luar biasa menjadi bahan baku dan sumber inspirasi dari proses industri kreatif yang melahirkan karya-karya yang bernilai tinggi. Dengan modal budaya yang dimiliki, yang diikuti dengan kreativitas tinggi, tentunya menjadi fondasi yang kuat untuk memajukan industri kreatif.

“Saya sering sampaikan bahwa kekayaan bangsa kita bukan lagi sumber daya alam, tetapi  kita memiliki kekayaan yang sungguh luar biasa yakni modal seni budaya. DNA kita adalah seni dan budaya,” ucapnya. (dar)