Art Festival IV Ulun Danu Beratan Dongkrak Kunjungan Wisatawan

42
ULUN DANU - Art Festival IV Ulun Danu Beratan yang dibuka Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata I Kementerian Pariwisata RI.  (kup)

Tabanan ( Bisnis Bali) – Dalam rangka makin memperkenalkan daya tarik wisata (DTW) Ulun Danu Beratan, masyarakat dan stakeholder pariwisata Tabanan didukung Kementerian Pariwisata menyelenggarakan Art Festival IV Ulun Danu Beratan.  Festival Ulun Danu Beratan yang berlangsung 13 Juni-1 Juli dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata I Kementerian Pariwisata RI Prof. Dr. Ir. I Gde Pitana.
Hadir dalam pembukaan Art Festival IV Ulun Danu Beratan, Minggu (24/6) kemarin antara lain perwakilan dari Kementerian Koperasi, Kementerian Pertanian, DPR RI, DPD RI, Ketua DPRD Bali, Bupati Tabanan, beserta undangan lainnya.
Dalam sambutan selamat datang Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti menyampaikan, pelaksanaan Art Festival IV Ulun Danu Beratan untuk makin memperkenalkan DTW Ulun Danu Beratan.
Kepala Dinas Pariwisata Bali, AA Gede Yuniarta Putra memberikan apresiasi kepada Kementerian Pariwisata  membantu pelaksanaan Art Festival IV Ulun Danu Beratan. Pelaksanaan festival ini akan menarik wisatawan ke Bali termasuk ke Ulun Danu Beratan.
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata I Kementerian Pariwisata RI Prof. Dr. Ir. I Gde Pitana menyampaikan, masyarakat dan Pengelola DTW Ulun Danu Beratan telah berhasil menyelenggarakan Art Festival IV Ulun Danu Beratan. Ini merupakan bagian pelestarian seni dan menghidupkan pariwisata. “Ini pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat lokal,” ucapnya.
Prof. Pitana meyakinkan, pelaksanaan Art Festival IV Ulun Danu Beratan akan memotivasi masyarakat terlibat dalam pariwisata. Festival ini juga bagian investasi memperkenalkan DTW Ulun Danu Beratan. Selanjutnya Art Festival Ulun Danu Beratan diharapkan bisa dilaksanakan setiap tahun dengan jadwal pelaksanaan yang pasti sehingga bisa dimasukkan dalam calender of event pariwisata.
Danau Beratan terletak di Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. DTW ini terkenal menyajikan keindahan alam dengan perpaduan danau, gunung, hutan dan tentunya Pura Ulun Danu Beratan yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata.
Melalui pelaksanaan Art Festival IV Ulun Danu Beratan, DTW Ulun Danu Beratan sebagai destinasi wisata unggulan yang lebih tersohor dan berkesinambungan bertumpu pada potensi alam dan budaya sebagai pendukung kepariwisataan.
Pembukaan Art Festival IV Ulun Danu Beratan diramaikan pameran kuliner lokal seperti lawar kambing, bebek rajang, nasi lindung, kuah ares, lawar kuwir, laklak biu, ikan menyatnyat. Art Festival IV Ulun Danu Beratan juga diramaikan atraksi seni seperti ngelawang, parade gebogan, dan pagelaran seni, parade gebogan Sekeha Teruna Teruni Gebog Pesatak Beratan, sekeha baleganjur dari Desa Pakraman Baturuti. Ini termasuk berbagai lomba salah satunya membuat patung berbahan sayuran.