Studi Banding ke Tabanan DWP Maluku Barat Daya Berlatih Kuliner Pangan Lokal

15
Dalam acara tersebut juga dilakukan penukaran cindera mata dari kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan sesi pelatihan.  (man)

Tabanan (Bisnis Bali) – Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan,  I Nyoman Wirna Ariwangsa,  menerima rombongan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Maluku Barat Daya yang melakukan studi banding dan pelatihan kuliner pangan lokal di  Poklahsar Karya Lestari Desa Bongan, Tabanan, Kamis  (21/6) lalu.

Rombongan  yang  berjumlah sekitar 30 orang itu dipimpin Ketua DWP  Maluku Barat Daya, Nyonya T. Siamiloy. Turut hadir mendampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabanan, I Nyoman Gede Gunawan, Kadis Ketahanan Pangan, Ni Ketut Warsiki, dan Ketua DWP Kabupaten Tabanan, Nyonya Wirna Ariwangsa dan anggota.

Bupati Tabanan dalam sambutannya yang dibacakan Sekda, I Nyoman Wirna Ariwangsa mengatakan, Kabupaten Tabanan sebagian besar penduduknya adalah petani. Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Tabanan  dominan melaksanakan program dan kegiatan yang berbasis pertanian.

Program unggulan sektor pertanian yang telah dilaksanakan adalah Gerbang Indah Serasi, Gerbang Pangan Serasi, Gerbang Emas Serasi, pemberdayaan perkarangan pangan, model agribisnis terintegrasi, tourism based on local wisdom mode, dan aktion plan torism models di kawasan Nikosake.

“Semua program itu digarap dari hulu sampai hilir berbasis pemberdayaan masyarakat, dengan melibatkkan petani, kelompok-kelompok pengolahan sekunder, kelompok wanita tani, tim penggerak PKK, dharma wanita, BUMDes, Bumda dan kelompok masyarakat lainnya,” imbuhnya. (man)