Sekda Harap Gemakan Germas Sepanjang Waktu

19

Denpasar (Bisnis Bali) – Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dipandang penting dan strategis dalam rangka penguatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Untuk itu, Germas diharapkan digemakan dan digaungkan secara terus menerus. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra, dalam acara workshop Penguatan Peran Mitra Potensial dalam Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Provinsi Bali, di Hotel Mercure, Denpasar, Jumat (22/6).

Karena menurutnya, kesehatan adalah aset yang paling berharga, sehingga tidak menghabiskan banyak biaya untuk menjaga kesehatan itu sendiri.

Lebih lanjut, Dewa Indra juga menyatakan untuk memformalisasi gerakan Germas, telah diterbitkan Pergub No. 12 tahun 2018 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat pada tanggal 7 Maret 2018. “Jadi dalam Pergub tersebut telah dicantumkan secara jelas, tujuan, siapa yang berperan serta tugas masing-masing OPD dalam menguatkan germas, jadi tolong dibaca dan dipelajari,” ujarnya.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. I Ketut Suarjaya, Dewa Indra juga menekankan bahwa Germas bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Diskes saja, namun menjadi tugas semua OPD agar tujuan hidup masyarakat sehat bisa segera terwujud. (pur)