Presiden Jokowi Dipastikan Buka PKB Ke-40 Angkat Tema ”Teja Dharmaning Kauripan”  

35

Denpasar (Bisnis Bali) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 tahun 2018 yang berlangsung, Sabtu (23/6) ini. Pembukaan PKB diawali dengan pawai yang berlangsung di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali di Renon Denpasar.

Pelepasan pawai PKB ditandai dengan pembentangan anak panah oleh Presiden Joko Widodo yang disusul keluarnya simbolis api sesuai tema PKB, yang diiringi garapan Tari Siwa Nataraja dan tabuh Ketug Bumi oleh ISI Denpasar. Pawai diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Bali serta partisipan luar Bali.

“Bapak Presiden dipastikan hadir untuk melepas pawai PKB. Masyarakat tentunya sangat mengharapkan kehadiran Presiden karena dapat makin memotivasi dan memberikan semangat kepada masyarakat Bali untuk terus melestarikan kebudayaannya. Kebudayaan menjadi daya tarik pariwisata Bali, yang berimbas memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Bali,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Drs. Dewa Putu Beratha, M.Si., di sela-sela gladi bersih pawai PKB, Jumat (22/6).

Sementara itu, pembukaan PKB pada malam harinya di Taman Budaya Art Centre Denpasar, akan ditandai dengan menyalakan api blencong (alat penerangan untuk pertunjukan wayang). Pembukaan PKB ini akan dimeriahkan pagelaran sendratari kolosal “Kresna Duta” garapan ISI Denpasar. (dar)