Kamben Endek Syantik segera Diluncurkan ke Pasar Harga Rp 700 Ribu per Pcs

35

Mangupura (Bisnis Bali)-Sejumlah perajin telah siap mengisi dan memamerkan produk terbaru mereka, dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB ) ke – 40 yang akan dibuka Sabtu, 23 Juni 2018 oleh Presiden Jokowi. Beragam inovasi baru akan ditampilkan, salah satunya adalah, kamben endek syantik.

Desainer  dari Kabupaten Badung, L. K Ayu Hetty Indra Dewi. S.S., mengatakan, ia secara khusus mendesain kamben endek syantik tersebut untuk ajang PKB. “Tiap ajang PKB saya selalu menampilkan desain terbaru, karena memang setiap tahun diharapkan ada inovasi. Target saya juga memang ada penjualan, makanya saya ingin menawarkan sesuatu yang berbeda kepada masyarakat Bali,” tuturnya, Jumat (22/6).

Kamben endek syantik ini dibuat dari bahan tenun ikat, untuk membuat nuansa yang berbeda, kemudian kain endek tersebut  dibordir dan di kerawang. ” Agar terkesan lebih mewah setelah dibordir tiyang payet lagi. Jadi kamben ini memberikan kesan mewah dan elegan,” tandas owner Jegeg Bagus Butik, Jalan Pantai Pererenan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung tersebut.

Dikatakannya, tujuan membuat kamben endek syantik adalah, agar endek tidak terlihat kuno dan monoton. Karena dengan inovasi endek  dapat kelihatan glamour. “Kamben endek syantik ini, semua ‘hand made’ tanpa mesin.  Jadi pengerjaan lumayan lama, dari bahan kamben tenun ikat yang sudah jadi untuk pengerjaan bordir dan payet saja dibutuhkan waktu 2 minggu per pcs,” ungkapnya. (pur)