Jambu Biji Sukun Merah Dagingnya Lembut dan Manis  

45

JAMBU biji merah kaya akan vitamin, sehingga banyak orang yang suka mengonsumsi jambu biji merah untuk memperoleh manfaatnya. Jambu biji sukun merah adalah salah satu dari sekian banyak jenis jambu biji yang disukai, karena memiliki daging buah yang lembut dan rasa yang manis.

Jambu biji sukun merah banyak dibudidayakan petani selain jambu kristal. “Buah jambu sukun merah mempunyai keunggulan daging buahnya yang berwarna pink kemerah-merahan, daging buahnya tebal dengan tekstur agak keras, renyah, dan beraroma wangi. Yang paling spesial dari jambu sukun ini adalah daging buahnya hampir tidak memiliki biji,” terang I Ketut Sueta, salah seorang petani asal Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang, Jumat (22/6) kemarin.

Jambu sukun merah merupakan varietas jambu biji unggul, yang tidak memiliki biji.  “Kalaupun ada biji paling banyak dua atau tiga butir saja. Makanya banyak orang suka mengonsumsi jambu biji ini,” tukasnya.

Keunggulan lain dari  jambu sukun merah  adalah bisa berbuah sepanjang tahun dan relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Untuk budi daya dan perawatan tanaman jambu sukun, sama saja dengan jenis jambu lainnya. (pur)