Relatif Kecil, Estimasi NPL Kartu Kredit saat Lebaran

26

Denpasar (Bisnis Bali) – Kalangan perbankan mengestimasikan rasio kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) kartu kredit saat Lebaran di angka yang relatif kecil yaitu di bawah 3 persen. Perbankan pun mengakui telah melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan NPL selama musim libur Lebaran tahun ini.

Direktur Keuangan BNI Anggoro Eko Cahyo di Denpasar mengatakan, bank telah melakukan antisipasi kenaikan NPL karena momen libur Lebaran. Langkah antisipasi yang disiapkan dengan mengingatkan kepada nasabah terkait cara bayar yang benar agar tidak sampai terlambat bayar dan kena denda.

“Tim juga akan mengingatkan kepada nasabah jika keterlambatan lagi dua hari baik itu secara telepon maupun via SMS sehingga tidak sampai kena denda,” katanya.

Untuk musim libur Lebaran 2018, bank BUMN ini memperkirakan NPL transaksi kartu kredit di kisaran 2,8-2,9 persen. Menurutnya, pemegang kredit sebenarnya sudah biasa dengan aturan kartu kredit, hanya pada saat momen Lebaran ini lebih memperhatikan tanggal jatuh tempo.

“Mereka terkadang lupa, bukannya tidak mau bayar namun karena keasikan liburan panjang,” ujarnya. (dik)