Hari Pertama Beroperasi, Bank ”Diserbu” Transaksi Penyetoran

53

Denpasar (Bisnis Bali) – Memasuki hari pertama beroperasi, Kamis (21/6) kemarin, sebagian besar perbankan “diserbu” nasabah untuk transaksi penyetoran, tarik tunai hingga penggantian kartu debit atau ATM yang kedaluwarsa. Berdasarkan pantauan Bisnis Bali, seluruh kantor perbankan sudah beroperasi normal pascacuti bersama dan libur Lebaran 2018.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali, Causa Iman Karana saat dihubungi di Renon membenarkan, semua bank di Bali sudah mulai beroperasi. BI bahkan sudah dua hari yang lalu beroperasi.

“Pada Kamis ini, kegiatan operasional sistem BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), BI Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan BI Electronic Trading Platfom (BI-ETP) sudah mulai normal kembali,” katanya.

Sementara untuk transaksi awal, kata Cik biasa dia disapa, masih diramaikan aktivitas penyetoran oleh perbankan seiring ramainya nasabah yang melakukan penyetoran juga. Untuk itu, perbankan diharapkan mengantisipasi lonjakan penyetoran tersebut.

Sementara itu berdasarkan pantauan di BNI Kanwil Denpasar pada hari pertama terjadi peningkatan transaksi penyetoran. Nasabah yang melakukan penyetoran antre dengan rapi sejak pagi hari. (dik)