Srikaya Merah Varietas Unggul Rasa Kenyal

36

SRIKAYA merah adalah varietas unggul yang berasal dari Australia. Dari namanya, menunjukkan bahwa srikaya yang satu ini berwarna merah sehingga terlihat lebih menarik dari srikaya pada umumnya.

Buah srikaya yang selama ini dikenal masyarakat adalah dengan kulit berwarna hijau, karena srikaya merah memang cukup langka ditemukan di Indonesia. “Buah srikaya merah ini memiliki keistimewaan pada warna kulit buahnya yang berwarna merah keunguan. Selain itu, rasa daging buah asal Australia ini manis sekali dan memiliki aroma harum dan daging yang kenyal,” terang Sudarsana, penghobi tanaman buah di Canggu, Kabupaten Bandung, Rabu (20/6) kemarin.

Spesies tanaman srikaya merah memiliki warna kulit unik yaitu merah keunguan, sedangkan daging buahnya sama dengan srikaya pada umumnya. “Srikaya merah bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi, tetapi memang lebih cocok di daerah kering dan panas. Srikaya juga membutuhkan sinar matahari langsung,” ungkapnya.

Untuk cara budi daya sama saja dengan srikaya biasa. Perawatan tanaman buah srikaya merah tergolong mudah. Jarak tanam yang digunakan sebaiknya 3×3 meter hingga 5×5 meter. “Bibit yang ditanam sebaiknya sudah memiliki tinggi 50- 70 cm. Kemudian tanam pada lubang tanam yang sudah disiapkan dan diberi pupuk kandang,” paparnya.  (pur)