Beri Nilai Tambah, Buah Srikaya bisa Diolah Jadi Sirup dan Dodol

30

SRIKAYA selama ini lebih banyak dikonsumsi dalam kondisi segar, karena memiliki rasa yang manis. Belum banyak orang melakukan pengolahan terhadap srikaya, berbeda dengan buah sejenis yaitu sirsak yang sudah diolah menjadi berbagai bentuk produk makanan.

Tanaman yang cocok tumbuh di lahan kering beriklim kering tersebut, biasanya panen sekitar bulan Maret-April setiap tahunnya. Saat produksi melimpah, srikaya kerap mengalami kerusakan karena jumlah pembeli sedikit. Untuk mencegah kerugian petani, Ir. Ni Made Yudiastari, M.Si., dosen Fakultas Pertanian, Program Studi Peternakan, Universitas Warmadewa mengatakan, srikaya dapat diolah menjadi sirup dan berbagai bentuk makanan lainnya.

Srikaya yang kaya antioksidan, seperti vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kalium tinggi dan magnesium yang terkandung dalam buah ini juga bisa melindungi dari serangan penyakit jantung.

“Bila sering mengalami kelelahan yang berlebihan, sebaiknya mengonsumsi srikaya karena kalium yang terkandung di dalamnya dapat membantu melawan kelemahan otot. Buah ini juga bermanfaat untuk orang yang menderita anemia karena buah ini tinggi kalori,” ungkapnya.(pur)