’’Batun Bedil’’, Jajanan Pasar Ramai Pembeli

33

Denpasar (Bisnis Bali)- Pasar tradisional tentunya memiliki kekhasan yang unik, dibanding dengan pasar modern yang belakangan ini banyak dijumpai. Beraneka macam olahan tradisional bisa dijumpai di pasar tradisional. Mulai dari penganan ringan,hingga jajanan pasar yang sudah mulai langka dijual.

Salah satu kuliner jajanan pasar yang masih bisa di temui di pasar tradisional antara lain, batun bedil atau batun salak atau ada juga yang menyebutnya batu cuki. Tergantung bentuk jajanan itu, padahal bahannya masih sama.

Kuliner sederhana ini kadang membuat masyarakat khususnya yang berada di kota rindu untuk bisa menyicipinya. Masalahnya, jajanan pasar semacam ini tidak bisa ditemui di pasar modern,yang banyak bermunculan. Kalaupun ada, rasanya tak seenak yang dijual di pasar tradisional.

“Jajan tradisional batun bedil atau sejenisnya ini biasanya dijual berpaket dengan beberapa jenis jajan Bali, yang bisa dipilih konsumen. Seperti bubur sumsum, kukus injin, lupis, laklak, giling-giling dan masih banyak lagi,” ungkap Aris, penjual jajanan pasar ini. (ita)