Transaksi Perbankan Normal, Ekonomi Dipastikan Tumbuh

44
ist

Mangupura (Bisnis Bali) – Perbankan optimis transaksi pasca-Lebaran akan tetap normal karena selama liburan ini pun tidak ada hambatan. Normalnya transaksi perbankan maka ekonomi diprediksi masih mampu tumbuh positif.

Area Manager Bank Mega Area Bali Nusra, Ardhana Febrinaji saat dihubungi di Nusa Dua, Senin (18/6) kemarin mengatakan, aktivitas perbankan setelah libur hari raya akan kembali normal, bahkan ada peningkatan dari sisi setoran. Aktivitas akan berjalan normal, baik dari segi volume maupun nilai transaksi. Optimistis pascahari raya transaksi normal karena sebelum hari raya pun tidak ada lonjakan berarti sehingga masuk awal kerja nanti tidak akan ada halangan sehingga ekonomi masih mampu tumbuh.

“Transaksi selama liburan hari raya tidak ada kendala karena bank sudah siap dari sisi dana lewat anjungan tunai mandiri (ATM),” ujarnya.

Untuk transaksi simpanan tidak ada masalah karena masyarakat sudah paham jika liburan bank tidak operasional, sedangkan untuk pembayaran lainnya bank melayani terbatas.

“Untuk kewajiban pembayaran kredit, umumnya debitur ada membayar lebih awal. Walaupun tepat pembayaran pada tanggal merah, bisa dibayarkan secara mobile maupun internet banking,” katanya.

Menurutnya, dengan berbagai kemudahan tersebut diyakini tidak akan membuat ekonomi masyarakat lumpuh. Liburan hari raya tahun ini kendati lebih lama dari tahun lalu, likuiditas terpenuhi. “Bagi kami malah mendukung ekonomi, karena kunjungan wisatawan akan banyak berdatangan di Bali. Berbagai kegiatan ekonomi akan tumbuh mulai kebutuhan bahan baku makanan, suvenir, pariwisata, hotel, restoran, dan lainnya. (dik)