Sukses Buat Tabulampot Srikaya Jumbo Wajib Gunakan Bibit Okulasi

82

TANAMAN buah dalam pot (tabulampot) srikaya jumbo, saat ini mulai banyak diminati orang. Ini dilakukan oleh para penghobi tanaman dalam pot dan didukung buah srikaya tergolong banyak peminat.

Selain memiliki keunggulan dari segi ukuran buah yang besar, srikaya jumbo juga berbiji sedikit dengan rasa manis dan lembut. Srikaya varietas baru ini juga memiliki sifat genjah dan dapat berbuah ketika berumur satu tahun, sedangkan varietas lain membutuhkan waktu lebih lama. Hal tersebut membuat banyak orang tertarik untuk membuat tabulampot srikaya jumbo.

Putu, karyawan toko tanaman buah Unggul di Jalan Hayam Wuruk Denpasar menerangkan, untuk sukses membuat tabulampot tanaman buah srikaya jumbo sebaiknya menggunakan bibit srikaya jumbo yang berasal dari hasil cangkok atau okulasi bukan dari biji. Media tanam untuk srikaya jumbo sebaiknya menggunakan komposisi campuran tanah, pupuk kandang  dan sekam  dengan perbandingan 2:1:1.

“Bibit pilih yang tinggi mencapai 50-100 cm. Kemudian siapkan pot berupa drum bekas dengan diameter sekitar 60 cm yang dasarnya telah dilubangi,” terangnya.

Masukkan pecahan genting, batubata merah, atau kerikil setebal 10 cm ke dalam drum. Baru kemudian masukkan media tanam hingga setinggi bibir pot. Setelah itu buat lubang di tengah pot sesuai ukuran bibit.

Masukkan bibit tanaman ke dalam lubang,  sebelumnya robek polybag lalu padatkan dengan media tanam di sekitar pangkal batang. Letakkan tanaman di tempat yang ternaungi hingga tumbuh tunas baru, lalu pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari. (pur)