Denpasar (Bisnis Bali) – Biji nangka ternyata tidak cuma bisa diolah menjadi keripik atau untuk campuran sayuran saja. Biji nangka oleh para kreatif kuliner juga dimanfaatkan sebagai lauk atau teman makan nasi.

Olahan yang lagi banyak diincar ini diberi nama biji nangka gebus, kalau biasanya biji nangka diiris tipis- tipis dan digoreng kering kalau untuk biji nangka gebus, biji nangka masih utuh diproses sebelum kemudian dibumbu.

“Ini lagi banyak dicari sekarang, seperti keripik biji nangka. Kalau biji nangka gebus ini lebih enak dipakai lauk atau teman makan nasi. Rasa bumbu yang sedikit pedas sangat pas di lidah,” ungkap Jro Pipit, owner Paon Jro penyedia berbagai kuliner di Denpasar.

Biji nangka yang telah dibersihkan dan dibuang kulit luarnya dicuci bersih, selanjutnya direbus beberapa saat. Usai direbus biji nangka digoreng sebentar lalu diberi bumbu hingga matang dan meresap.

“Satu porsi biji nangka gebus dijual Rp 10 ribu saja, harga ini tentu sangat murah untuk rasa dan sensasi yang lezat dari biji nangka gebus,” ungkap Jro Pipit. (ita)