LPD Batuyang Bebaskan ’’Krama” dari Iuran Piodalan

28

Gianyar (Bisni Bali) – Dalam memberi manfaat kepada krama, LPD Desa Pakraman Batuyang, Gianyar menopang pelaksanaan tiap piodalan di Pura Kahyangan Tiga, desa pakraman setempat. Manfaat yang diberikan berupa punia daging babi dengan perhitungan sesuai jumlah KK.

 Kepala LPD Desa Pakraman Batuyang, I Wayan Sucipta, menjelaskan, punia yang diberikan disesuaikan dengan jumlah KK, di mana di Desa Pakraman Batuyang terdapat 957 KK. “Punia tersebut berupa sejumlah dana yang nilainya dihitung dari harga daging babi saat dilangsungkan piodalan.

Perhitungannya tiap KK mengeluarkan daging babi 2 kilogram, yang pengeluaran itu menjadi tanggungan kami,” ungkapnya.

Jadi lebih lanjut, dijelaskannya, jumlah KK dikali harga dua kilogram daging babi saat piodalan, senilai itulah yang dana yang harus dikeluarkan LPD pada tiap piodalan. “Misalnya saja kita hitung harga 1 kilogram daging babi Rp 30.000 kali 2 menjadi Rp 60.000, selanjutnya dikali jumlah KK yaitu 957, akan menjadi sekitar Rp 57 juta pada setiap piodalan,” jelasnya sembari mengatakan, di Desa Pakraman Batuyang terdapat 3 Pura yang masuk Kahyangan Tiga, dengan 4 kali piodalan dalam setahun. (wid)