Dukung GPN, Bank Dorong Transaksi Pakai Kartu Debit

42
ist

Mangupura (Bisnis Bali) – Perbankan tahun ini tidak hanya meningkatkan penggunaan kartu kredit, namun juga berupaya mendorong masyarakat lebih banyak menggunakan kartu debit di berbagai transaksi. Ini dalam upaya mendukung program Bank Indonesia terkait Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway (NPG).

Manajer dana salah satu bank, Yuliani di Kuta, Senin (18/6) kemarin mengatakan, bank terus berupaya meningkatkan penggunaan kartu debit, apalagi saat ini mengarah ke logo GPN.

“Kartu debit ditingkatkan agar transaksi masyarakat bisa lebih mudah, di mana saja dan efisiensi,” katanya.

Penggunaan kartu debit berlogo GPN ini akan memudahkan masyarakat untuk bertransaksi karena biaya transaksi akan lebih murah. Penggunaan kartu debit tidak hanya akan memberikan keuntungan bagi nasabah bank, tetapi juga para merchant termasuk pelaku usaha online lewat e-commerce.

Hal sama dikatakan Direktur Keuangan BNI Anggoro Eko Cahyo. Menurutnya, penggunaan kartu debit perlu ditingkatkan, tidak hanya kartu kredit. Selama ini, kartu debit hanya digunakan untuk tarik tunai di anjungan tunai mandiri (ATM), padahal bisa juga digunakan untuk gesek. Untuk itu, bank pada tahun ini bahkan tahun lalu sudah menggalakkan agar transaksi debit meningkat terutama di merchant-merchant. Masyarakat bisa menggunakan kartu debit miliknya layaknya kartu kredit untuk bertransaksi di mana saja. (dik)