Usaha Konveksi di Buleleng “Banjir” Pesanan Seragam Sekolah

45
 Pekerja di R. Cemerlanv konveksi menyelesaikan pesanan seragam sekolah.  (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) –  Seragam sekolah menjadi kebutuhan setiap memasuki tahun pelajaran baru. Seperti tahun ini, pesanan seragam sekolah sudah diterima beberapa bulan sebelum tahun ajaran baru di mulai, bahkan tiap tahunnya terjadi peningkatan pesanan seragam sekolah hingga 30 persen. Hal itu diungkapkan Siswati Christian, pemilik usaha konveksi R. Cemerlang di kawasan Penarukan Singaraja.

Siswati menuturkan,  permintaan seragam sekolah cenderung meningkat dari tahun ke tahunnya seperti, seragam TK, SD, SMP dan SMA/SMK. Tidak hanya datang dari wilayah Singaraja, pesanan seragam sekolah juga datang dari berbagai wilayah di Bali. “Pesanan khusus seragam sekolah sudah ramai sejak Februari lalu seperti, seragam untuk Taman Kanak – kanak (TK), ada juga seragam pemerintahan. Jumlah pesanan saat ini secara keseluruhan sudah mencapai ribuan stel,” jelasnya.

Siswati menambahkan, meskipun di tahun ini pihaknya merasakan situasi kondisi ekonomi khususnya di Bali melemah, namun tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pesanan seragam sekolah. Mengingat seragam sekolah menjadi suatu kebutuhan saat memasuki tahun ajaran baru. “Daya beli masyarakat masih tinggi, mengingat seragam sekolah menjadi kebutuhan tiap tahun ajaran baru. Selain itu kami juga sudah memiliki langganan paten jadi, dampaknya tidak begitu di usaha kami,” tuturnya. (ira)