Perkuat LPD, Realisasi Sertifikasi SDM Digenjot

17

Denpasar (Bisnis Bali) – Lembaga Pemberdaraan (LP) LPD Provinsi Bali menargetkan, pelatihan dalam rangka mensertifikasi kompetensi sumber daya manusia (SDM) LPD akan direalisasikan Juli mendatang. Hal ini dilakukan bertujuan menguatkan keberadaan LPD melalui komptensi yang dimiliki SDM.

Kepala LP-LPD Provinsi Bali, I Nyoman Arnaya, S.E., mengatakan, hingga saat ini sosialisasi terkait pelaksanaan sertfikasi sudah dilakukan di seluruh kabupaten/kota di Bali. Demikian pula modul yang akan digunakan sebagai acuan dalam pelatihan kompetensi juga sudah dirampungkan. “Kami targetkan Juli sudah bisa pelatihan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jumlah LPD yang akan ikut sertifikasi adalah 900 LPD dengan kategori kepemilikan aset di atas Rp 1 miliar. Dan untuk tahap pertama pelatihan serta sertifikasi akan menyasar kepala LPD yang selanjutnya juga menyasar bendahara dan bagian tata usaha. Demikian juga, dikatakannya, pelatihan akan dibagi menjadi beberapa angkatan yang tiap bulannya ada sekitar 60 orang kepala LPD yang ikut dalam pelatihan tersebut.

Disinggung soal lama pelatihan dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sertifikasi kompetensi SDM LPD, Arnaya mengatakan, kegiatan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun. “Per orangnya membutuhkan waktu pelatihan sekitar 5 hari serta ditambah 1 hari untuk sertifikasi,” ujarnya. (wid)