Perbankan Buka Terbatas, Didominasi Setoran Tunai Pebisnis SPBU dan Pariwisata Terbanyak

37

Denpasar (Bisnis Bali) – Untuk mengantisipasi libur dan cuti bersama Lebaran 2018 yang panjang, kalangan perbankan tetap beroperasi secara terbatas di beberapa outlet pada waktu-waktu tertentu agar bisa melayani kebutuhan masyarakat dan pelaku usaha di Pulau Dewata.

“Operasional perbankan dengan layanan terbatas saat momen liburan Lebaran disambut positif masyarakat terlihat dari transaksi setoran dan tarik tunai mengalami lonjakan dibandingkan hari normal,” kata Direktur Keuangan BNI Anggoro Eko Cahyo di jalan Gajah Mada, Sabtu (16/6) lalu.

Ia mengatakan, jumlah transaksi di BNI Denpasar (satu dari 11 outlet yang buka di Bali) pada 11-14 Juni 2018 atau empat hari selama cuti bersama Lebaran menembus 4.200 transaksi atau rata-rata mencapai lebih dari 1.000 transaksi per harinya. Transaksi ini lebih tinggi bila dibandingkan normalnya mencapai 300 transaksi per hari.

“Dari 4.200 transaksi tersebut didominasi setoran yaitu mencapai 2.800 transaksi dan sisanya aktivitas tarik tunai,” ujarnya.

Transaksi yang banyak dilayani bank BUMN ini yaitu dari pelaku usaha, khususnya pemilik SPBU terkait setoran bahan bakar minyak (BBM). Demikian juga pelaku pariwisata mengingat Bali masih menjadi daerah tujuan liburan hari raya. Kondisi momen liburan ini, kata Eko, tentu berbeda jika dibandingkan transaksi setoran hari normal yang lebih didominasi dari kalangan perorangan bukan pelaku usaha.

Rincian layanan terbatas momen liburan Lebaran 2018 untuk setoran rata-rata mencapai Rp17,3 miliar per hari atau melonjak sekitar 20-25 persen dibandingkan hari biasa. Sementara dari transaksi penarikan uang tunai mencapai Rp9 miliar-10 miliar per hari baik dari nasabah perorangan atau perusahaan. (dik)