Geliatkan Ekonomi, Pelaku UMKM Diharapkan Bertambah

24
Generasi muda yang bergerak di sektor UMKM. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Perlambatan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir ini, berimbas pada semua sektor termasuk perdagangan dan perbankan. Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra, Minggu (17/6) mengatakan, untuk mengeliatkan ekonomi, generasi muda didorong menjadi pengusaha untuk menggerakkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ia mengungkapkan, Kadin Bali berharap rasio pengusaha di Bali bisa bertambah. Rasio pengusaha yang bergerak di sektor usaha masih sangat kecil. Pengusaha bergerak di sektor UMKM termasuk pengusaha besar baru di Bali kisaran 7 persen dari penduduk Bali. Padahal, kalau mau ekonomi Bali stabil, pengusaha di Bali minimal berjumlah 15 persen dari jumlah penduduk Bali.

Alit Wiraputra mencontohkan seperti di Singapura, jumlah pengusaha sudah mencapai kisaran 18 persen dari jumlah penduduknya. Penduduk di Singapura sudah bergerak menjadi pengusaha.

Ia memaparkan, di negara-negara Eropa rata-rata penduduknya 20 persen merupakan pengusaha. Menurut ilmu ekonomi, negara akan kuat jika jumlah pengusahanya 30 persen dari jumlah penduduknya. (kup)