Usung Tema Biota Laut Ratusan Peserta Ramaikan Buleleng ’’Recycle Carnaval”

27

Singaraja (Bisnis Bali) – Puluhan siswa dengan berbagai busana kreatif dan berbagai bentuk berbahan sampah daur ulang, tampak ramai memeriahkan acara Buleleng Recycle Carnaval (BRC) yang ketiga serangkaian Buleleng Education Expo (BEE) 2018, Senin (11/6) lalu.

Acara yang dipusatkan di Taman Kota Singaraja ini merupakan ajang tahunan yang digelar Pemkab Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng. BRC ini di buka langsung Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST.

BRC yang dilaksanakan untuk kali ketiga ini mengambil tema “Biota Laut”. Seluruh peserta menampilkan desain busana dengan bentuk biota laut yang ada di Kabupaten Buleleng.

Jumlah peserta BRC kali ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun lalu peserta hanya diikuti 26 peserta. Namun tahun ini BRC diikuti oleh 85 peserta yang terdiri dari siswa SD, SMP, dan SMA/SMK.

Kepesertaan kegiatan ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu, Peserta Eksibisi sebanyak 42 orang yang berasal dari TK Rare Bali School sebanyak 22 orang, TK Dwi Bahasa Aura Sukma Insani sebanyak 29 orang dan SD Katolik Karya sebanyak 1 orang. Peserta Kompetisi sebanyak 43 pasang masing-masing berasal dari SD sebanyak 14 Pasang, SMP sebanyak 23 pasang dan SMA/SMK sebanyak 6 pasang.

Kepala Disdikpora Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah mendukung program Buleleng bebas sampah plastik, Buleleng Smile dari Pemerintah Kabupaten Buleleng, serta Program Clean and Green Province dari Pemerintah Provinsi Bali.

Suyasa menegaskan, tahun ini peserta murni menggunakan bahan dasar sampah. Ini dikarenakan tahun lalu banyak peserta membeli bahan plastik untuk desain busana. (ira)