”Talkshow” Merah Putih Dorong Pengembangan Pariwisata Berkualitas

15
TALKSHOW - Rangkaian acara talkshow Merah Putih bertempat di Wantilan Gedung Pers Bali K. Nadha yang menghadirkan peserta di antara bendesa, pengamat politik, sosial, budaya, dan pengamat ekonomi serta kalangan mahasiswa.  (kup)

MENYIKAPI banyaknya janji pasangan calon kepala daerah dalam pemilihan Gubernur (pilgub), Bali TV dan Bali Post menyelenggarakan Talkshow Merah Putih bertempat di Wantilan Gedung Pers Bali K. Nadha. Peserta talkshow di antaranya bendesa, pengamat politik, sosial, budaya, dan pengamat ekonomi serta kalangan mahasiswa.

Peserta talkshow menyampaikan harapan kepada para kandidat dalam pemilihan Gubernur 2018. Ini termasuk mengkritisi janji-janji manis dari para kandidat dalam ajang pilgub.
Ketua Paiketan Krama Bali yang juga Kepala Pusat Penelitian Kebudayaan dan kepariwisataan Universitas Udayana, Agung Suryawan Wiranatha mengatakan, kandidat dari kedua kubu yang bertarung dalam pilgub Bali memiliki latar belakang sebagai pengusaha pariwisata.
Ia menjelaskan, kedua kandidat dari kedua kubu memiliki pemahaman yang cukup terkait sektor pariwisata. Hanya kandidat dalam pilgub memiliki perbedaan cara dalam pengembangan pariwisata Bali.
Ia melihat, ada kandidat hanya agresif mengejar pertumbuhan kedatangan wisatawan ke Bali. Di sisi lain, ada kandidat dalam pilgub yang mengimbangi antara kualitas dan kuantitas.
Menurutnya, senyatanya pertumbuhan pariwisata memiliki target untuk mensejahterakan masyarakat. Ini sejalan dengan perda pariwisata mewujudkan pariwisata berkualitas. Pariwisata berkualitas ini bisa memberikan manfaat ekonomi pelestarian lingkungan, sosial, dan budaya bagi Bali. “Tanpa berkualitas, Bali akan menjadi destinasi yang ditinggalkan,” ucapnya.
Agung Suryawan Wiranatha menambahkan, untuk menjadi pariwisata berkualitas Bali pertama harus bisa menjaga keamanan dan kenyamanan. Bali harus meningkatkan infrastruktur, dan  meningkatkan kualitas kebersihan lingkungan. Ini termasuk meningkatkan kualitas objek daya tarik wisata dan kualitas akomodasi. (kup)