Gidy Bali Siap Hadapi ”Guide” Rusia Ilegal

25
RUSIA - Gidy Bali dibentuk untuk menghadapi guide Rusia ilegal yang disinyalir banyak beroperasi di Bali. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Keberadaan guide Rusia ilegal akan menggeser peluang kerja guide berlisensi khususnya di Divisi Bahasa Rusia di Bali. Guna menghadapi guide ilegal Rusia tersebut, pramuwisata Divisi Bahasa Rusia HPI Bali membentuk Gidy Bali.

Ketua Gidy Bali, Wayan Yanick Suweca, Senin (11/6) mengatakan, gidy merupakan salah satu kata dalam bahasa Rusia yang artinya guide. Guide berbahasa Rusia yang berlisensi di HPI Bali ini, membuat wadah perkumpulan Gidy Bali.

Ia menjelaskan, Gidy Bali juga forum komunikasi antar-guide berbahasa Rusia. Dengan didukung asosiasi yang kuat, anggota Gidy Bali akan dibentengi untuk memberantas praktik pramuwisata ilegal.

Dipaparkannya, dengan koordinasi melalui Gidy Bali, pramuwisata berbahasa Rusia ini bisa bekerja dengan nyaman. Gidy Bali siap menghadapi orang asing yang berpraktik sebagai guide Rusia di Bali.

Lebih lanjut dikatakannya, pemerintah selaku otoritas khususnya Dinas Pariwisata dan Satpol PP bisa menegakkan perda pramuwisata. Hal ini untuk menjaring guide pramuwisata ilegal dan melindungi pramuwisata berlisensi di Bali.

Yanick Suweca menegaskan, dengan kemunculan Gidy Bali diharapkan bisa menghadapi guide ilegal berbahasa Rusia di Bali. Temuan-temuan Gidy Bali terkait orang asing berpraktik sebagai guide ilegal berbahasa Rusia ini sudah dilaporkan ke DPD HPI Bali untuk diteruskan ke Dispar Bali dan Satpol PP Bali. (kup)