Cita Rasa Leci Digemari Dapat Dijadikan Beragam Olahan

13

BUAH Leci dengan aroma yang khas dan rasa yang manis sedikit asam, membuat banyak orang menyukainya. Aroma khas leci, menjadikan buah yang satu ini kerap digunakan sebagai perasa beragam kuliner seperti puding, cake, sirup dan beragam minuman dingin. Leci juga diawetkan menjadi buah dalam kaleng.

Melihat beragam olahan dari leci tersebut sebenarnya budi daya leci sangat menjanjikan. Leci kaleng banyak didatangkan dari luar negeri. Melihat hal tersebut, sebenarnya peluang masih sangat besar. Belum lagi kebutuhan leci untuk pembuatan sirup, sehingga harga leci tetap stabil.

“Minuman rasa leci banyak peminatnya, apalagi bila diisi dengan buah leci. Kalau selama ini saya menggunakan buah leci kaleng karena mencapai leci segar sangat sulit, musimnya sangat jarang hanya setahun sekali,” tutur Ayu, pemilik sebuah kafe di kawasan Berawa, Kabupaten Bandung.

Ia mengaku, saat musim leci pun tidak terlalu banyak pedagang buah yang menjual leci. “Kayaknya produksi leci di Bali masih sedikit. Jadi saat musim leci juga tidak seperti musim buah lainnya yang produksinya melimpah bahkan harga sampai anjlok,” tukasnya.

Dikatakan, saat musim leci, ia membeli dalam jumlah besar kemudian diolah menjadi sirup dan stup leci seperti leci dalam kaleng sehingga lebih tahan lama. Terkendala ada juga yang memilih untuk membekukan buah leci, yang telah dikupas dan dihilangkan bijinya.

“Membuat sirup leci caranya hampir sama dengan sirup lainnya. Semua orang bisa membuatnya karena sangat mudah,” ungkapnya.  (pur)