Delima Hitam Koleksi Tanaman Berkhasiat

34

DELIMA hitam memang termasuk varietas delima langka, namun delima hitam memiliki rasa sama seperti delima merah bahkan lebih manis. Delima hitam belum banyak dibudidayakan dan lebih banyak ditanam di pekarangan karena cocok untuk dimanfaatkan sebagai penghias pekarangan.

Delima hitam menurut penjual tanaman, Mardiana di Jalan Hayam Wuruk Denpasar, banyak dicari konsumen karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. “Delima hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya mampu membantu memelihara daya tahan tubuh, mencegah sakit kanker, mencegah penyakit kardiovaskuler dan menurunkan kolesterol dalam darah,” paparnya, Rabu (6/6) kemarin.

Hal tersebutlah yang membuat banyak orang tertarik menanam delima hitam di pekarangan rumah. “Permintaan bibit delima hitam memang selalu ada setiap saat, tetapi memang tidak sebanyak permintaan tanaman hias. Mungkin karena tanaman ini belum banyak orang tahu,” ungkapnya.

Bibit delima hitam bisa didapat dengan cara mencangkok atau stek. “Delima hitam sebaiknya ditanam di lokasi yang sesuai kriteria seperti bersih dari rumput-rumput liar, area tidak sempit, tanah gembur dan kaya dengan unsur hara. Tanaman juga harus mendapatkan sinar matahari penuh jadi tidak boleh ternaungi,” tandasnya.

Untuk menanam delima hitam buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm. Kemudian siapkan tanah dicampur kompos dan sekam, diaduk sampai tercampur untuk menutup lubang tanam. Setelah bibit diletakan di lubang tanam tutup dengan campuran tersebut agar area di sekitar penanaman kaya nutrisi.

“Tetapi sebelumnya sebaiknya lubang tanam diistirahatkan sekitar 2-3 hari dengan tujuan menghilangkan gas-gas beracun yang ada pada lubang tanam. Campuran tanah, kompos dan sekam juga diistirahatkan dan dijemur agar terhindar dari bakteri pembawa penyakit pada tanaman,” terangnya. (pur)