Tingkatkan Nilai Jual Melalui Kemasan IKM Dorong Perekonomian Denpasar

21
Peserta pelatihan kemasan diberikan pengarahan tentang pentingnya kemasan ‎oleh Kadis Perindag Kota Denpasar. (sta)

Denpasar (Bisnis Bali) – Kemasan yang menarik dan memikat konsumen mampu meningkatkan nilai jual produk. Bahkan peningkatannya sampai berlipat. Hanya saja sampai saat ini pelaku usaha dan pelaku industri kecil (UKM-IKM), khususnya di Kota Denpasar masih menganggap kemasan akan menambah biaya produksi.

Untuk itu, pemahaman kemasan seharusnya diberikan sejak dini. Seperti sekarang ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar melaksanakan Pelatihan Kemasan pada 50 siswa-siswi SMAN 3 Denpasar dan SMKN 3 Denpasar, agar siswa-siswi yang nantinya tamat jika ingin berusaha sudah dapat membuat produk yang berkemasan menarik.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Drs. I Wayan Gatra, M.Si., Selasa (5/6) di sela-sela kegiatan mengatakan,

Denpasar sebagai kota pusat pemerintahan, perdagangan dan pendidikan, tentunya pembangunan perekonomian  lebih banyak di tunjang dari sektor perdagangan dan perindustrian.

Sektor Industri yang paling besar memberikan kontribusi adalah sektor industri pariwisata/ jasa. Kemudian diikuti oleh sektor Industri Kecil Menengah (IKM). ”Perkembangan IKM di Kota Denpasar rata-rata mengalami pertumbuhan sebanyak 0,2 persen tiap tahunnya. Pencanangan Denpasar sebagai kota kreatif merupakan kebijakan yang sangat tepat dalam menyiapkan SDM pekerja dalam menghadapi tantangan dan daya saing ekonomi pada saat perdagangan bebas ASEAN/ MEA ini dan dalam menyongsong World Tourism Organisation (WTO) 2020 yang akan datang,” katanya. (sta)