PEMILIHAN bibit kacang tanah berperan sangat penting dalam keberhasilan budi daya. Untuk itu, petani harus mengetahui lebih jauh

tentang bibit kacang tanah dengan keunggulan masing-masing karena sangat banyak varietas kacang tanah yang dapat dikembangkan.

Pada awal budi daya, petani memang harus membeli bibit yang dianggap memiliki keunggulan lebih dan yang cocok untuk ditanam di lahan yang digunakan. “Varietas kacang tanah sangat banyak jadi tinggal dipilih salah satu yang sesuai dengan kondisi lahan. Saat membeli bibit di toko sarana pertanian tinggal konsultasi dengan penjual terkait bibit yang tepat dengan kondisi lahan kita,” tutur Wayan Dana,  petani di Desa Tumbak Bayuh, Mengwi, Badung.

Setelah budi daya berhasil dilakukan, bibit dapat dibuat dengan memilih kacang tanah yang sudah tua dan sehat. “Kacang tanah yang siap digunakan untuk bibit minimal mencapai usia sekitar 100 hari,” ungkapnya.

Ciri-ciri kacang tanah yang bisa digunakan sebagai bibit di antaranya kacang tanah sudah berwarna kehitaman dan ketika kacang dibuka (pur)