Lawar Kuwir, Kuliner Tradisional Bali yang kian Diminati Wisatawan

29
lAWAR - Lawar kuwir kuliner tradisional Bali yang tak kalah diminati konsumen.

Mangupura (Bisnis Bali) –  Lawar kuwir, salah satu kuliner tradisional Bali yang khas dan tak kalah diminati wisatawan lokal maupun luar Bali. Kekhasan lawar kuwir ada pada citarasanya yang pedas, karena memanfaatkan bumbu tradisional (basa genap) yang diracik ahlinya, sehingga bukan saja enak saat disantap tapi juga menyehatkan.

Pebisnis kuliner lawar kuwir, Wayan Wartini, Selasa (5/6) menuturkan, kuliner tradisional ini tergolong khas karena memanfaatkan  bahan baku daging kuwir. Berbeda dengan jenis daging lainnya. Daging kuwir lebih kental, namun lebih amis dibandingkan dengan daging ayam. Karena itulah sajian kuliner lawar kuwir  memanfaatkan bumbu tradisional yang kental dengan rempah – rempahnya yang lengkap. Tak hanya itu, olahan bahan sayuran yang khas pada lawar kuwir yakni daun belimbing dengan rasanya yang pahit dikombinasi serbuk gula aren/merah menambah khasnya citarasa lawar kuwir. Adapun manfaat dari daun belimbing tersebut yakni sebagai penetralisir kolesterol yang ada pada daging kuwir.

Satu porsi  lawar kuwir yang dilengkapi sate lilit, kuwah ares, ditambah nasi putih dan kacang goreng harganya cuma Rp 20.000 – Rp 25.000. Jika ditambah minuman tertentu total harganya lebih mahal. (gun)