Gandeng LPD, Pembayaran PBB P2 Dilakukan Nontunai

12
Kacab BPD Karangasem IBN Ari Suryantara dan Kepala BPKAD Nengah Mindra (kanan). (bud)

Amlapura (Bisnis Bali) – Bank Pembangunan Derah Bali (BPD), khususnya Cabang Karangasem, siap membantu Pemkab Karangasem dalam otomatisasi pembayaran atau melaksanakan gerakan nontunai.  Dalam waktu dekat ini, baru pembayaran pajak bumi dan bangunan perdesaan dan  perkotaan (PBBP2) yang bakal dilakukan secara nontunai, dengan menggandeng LPD di Karangasem.

Hal itu disampaikan Kepala Cabang BPD Karangasem Ida Bagus Ari Suryantara, saat sosialisasi awal pembayaran PBBP2 depan 90 kepala LPD, serta pengurus BKSLPD di Karangasem, Selasa (5/6) kemarin. Suryantara mengatakan, vendor aplikasi pembayaran PBB P2 itu sudah ada. Tinggal, kesiapan perangkat kumputer atau laptop dari pihak LPD yang bersangkutan. ‘’Tinggal memasang jaringan dan menginstal aplikasinya, pembayaran PBBP2 dari para wajib pajak di seluruh pelosok Karangasem sudah bisa dilayani lewat LPD. Pihak LPD nanti menyetor ke BPD, dan tentunya biaya atau fee-nya ada untuk LPD yang bersangkutan,’’ katanya.

Selain pembayaran nontunai PBBP2, sebenarnya, masih banyak yang bisa dilakukan secara nontunai dari pajak-pajak  atau retribusi di Pemkab Karangasem. Pihaknya di BPD siap membantu. Tujuan gerakan non tunai itu, di antaranya, dalam rangka efisiensi, percepatan pelayanan kepada masyarakat dan transparansi.

Ditambahkan Suryantara, sebenarnya, pembayaran nontunai dari  PBB P2  yang kini bakal dilaksanakan pihak Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)  Pemkab Karangasem, merupakan program dari pihaknya di BPD Bali sejak lama. Di Karangasem baru tahun ini dilaksanakan. Sebenarnya, aplikasi atau sistemnya sudah ada, tinggal menginstal aplikasi dan tidak memerlukan waktu lama. (bud)