Dorong Berkembangnya Asparagus Pelaga Sekkab Adi Arnawa Buka Festival Asparagus 

16
istASPARAGUS - Festival Asparagus dibuka Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa di SMKN 1 Petang, Selasa (5/6) kemarin.

Mangupura (Bisnis Bali) – Dalam upaya mendorong berkembangnya asparagus sebagai salah satu produk unggulan di Kabupaten Badung, Pemkab Badung kembali menggelar Festival Asparagus. Acara ini dibuka Sekkab Badung I Wayan Adi Arnawa di SMKN 1 Petang, Selasa (5/6) kemarin. Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dewa Made Apramana, Sekcam Petang Gede Eka Sudarwita beserta unsur Tripika Kecamatan, Perbekel Pelaga I Gusti Lanang Umbara, Ketua Dekranasda Badung, Nyonya Seniasih Giri Prasta, Ketua WHDI Kabupaten Badung Ni Ketut Suas Isyudayani, serta para pejabat terlait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung.
Dalam sambutannya, Sekkab Adi Arnawa mengatakan, asparagus telah menjadi salah satu ikon Kabupaten Badung. Untuk itu, pemerintah akan terus mendorong kreativitas petani khususnya pada bidang asparagus termasuk membantu fasilitas yang dibutuhkan para petani melalui kelompok petani dan koperasi. “Ke depanya kami berkeinginan bagaimana produksi unggulan yang ada di Pelaga ini terus berkembang. Untuk itu, pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan dan mendorong tumbuh kembangnya UKM di kabupaten Badung,” terangnya.

Salah satu misi Pemerintah Kabupaten Badung adalah meningkatkan perekonomian yang berbasis kerakyatan dan ditunjang oleh iklim kemitraan sektor unggulan Kabupaten Badung. Komitmen ini diwujudkan melalui program kegiatan dalam upaya memperkuat UMKM sebagai pilar ekonomi kerakyatan. Misi tersebut telah dijabarkan dalam kegiatan OPD terkait dalam bentuk program-program sesuai bidang masing-masing yang tujuan akhirnya adalah peningkatan pendapat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga menjadikan desa-desa sebagai tempat pusat pertumbuhan ekonomi yang mandiri.
Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung I Ketut Karpiana selaku ketua panitia menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakan festival asparagus ini adalah untuk mensosialisasikan lebih luas lagi kepada masyarakat keberadaan asparagus di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Selain itu guna lebih mendorong para petani untuk lebih meningkatkan produksi baik secara kuantitas maupun kualitas serta untuk menjaga kesinambungan program one village one product (OVOP) melalui koperasi. Adapun acara yang akan dilaksanakan pada festival asparagus meliputi lomba masak asparagus, lomba duta asparagus (pemilihan putra putri asparagus), lomba asparagus jumbo dan lomba produktivitas asparagus. (ad 0642)