Musim Mudik, Permintaan Mobil ”Travel” Meningkat

38

Menjelang mudik Lebaran atau Idul Fitri tahun ini, permintaan berbagai jenis mobil pun meningkat. Mobil jenis apa saja yang permintaannya meningkat?

PERMINTAAN mobil, khususnya mobil untuk travel, yakni Toyota Hiace commuter belakangan ini makin tinggi. Sebelumnya, permintaan mobil jenis ini rata-rata hanya mencapai 10 unit per bulan, namun kini mencapai 35 unit per bulan. Hal itu diungkapkan Kepala Cabang Auto 2000 Denpasar, Haris Prasetya.

“Permintaan terbesar datang dari pengusaha travel dan rental, atau juga perusahaan yang membelinya untuk feeder (kendaraan pengantar),” ujarnya.

Lanjutnya, permintaan dari kalangan tersebut membuktikan Hiace nyaman digunakan sebagai kendaraan transportasi dan menguntungkan untuk bisnis angkutan penumpang.

“Pasarnya memang segmented. Travel antarkota antarprovinsi misalnya Denpasar-Surabaya, antarkota dengan menjemput orang dan diantar ke rumah (feeder), hingga tourism,” jelasnya.

Sebagai kendaraan jenis van, sejak awal Hiace didesain sebagai kendaraan penumpang. Semua struktur mempertimbangkan faktor kekokohan, efisiensi dalam hal biaya pengoperasian, dan fitur yang mendukung kenyamanan.

Kehadiran kendaraan 11 penumpang ini makin diminati konsumen dan tidaklah mengherankan bila Toyota Astra Motor (TAM)  menambah varian terbarunya yakni Hiace Luxury  tipe paling mewah.

Adanya lineup terbaru dari mobil penumpang ini membuat Hiace makin lengkap. Mulai tipe 2.5 Standard, 2.5 Commuter, dan kini hadir 2.5 Luxury. Tipe terakhir ini meluncur demi memenuhi ekspektasi pelanggan terhadap segmen commercial van sebagai kendaraan yang lebih lega, mewah, dan menyenangkan. “Konsumen kami berikan beberapa alternatif yang disesuaikan dengan kebutuhan,” katanya. (aya)