Bernilai Jual Tinggi, Bunga Kamboja Kering Prospektif

97

BUNGA kamboja tidak hanya berguna saat dia masih segar, namun kamboja kering juga dapat digunakan untuk membuat berbagai produk yang memiliki nilai jual tinggi seperti dupa dan sejumlah produk spa. Makanya tidak heran jika banyak orang yang memungut bunga kamboja di pinggir jalan.

Tingginya permintaan bunga kamboja kering membuat komoditas yang satu ini memiliki nilai jual tinggi. “Bunga kamboja kering paling murah di pasaran Rp 20 ribu, saat permintaan tinggi dan tidak sedang musim bunga harga bisa mencapai Rp 100.000 per kilogram,” tutur Putu Eka Prasetya, pemilik Bali Eka Bali di jalan Wibisana Denpasar, Jumat (1/6) kemarin.

Makanya banyak orang yang memungut bunga kamboja sebagai sumber mata pencarian atau tambahan penghasilan ketimbang bunga terbuang percuma. Di Bali, hampir setiap rumah memiliki pohon kamboja.

Bunga kamboja memiliki bau yang harum meski sudah layu dan kering, makanya bunga kamboja memiliki nilai ekonomi yang tinggi. “Bunga kamboja yang sudah jatuh dari pohonnya, akan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari.  Bunga kamboja yang sudah kering tersebut dapat digunakan sebagai parfum, sejumlah produk spa seperti sabun dan  bahan dupa,” ungkapnya.

Masyarakat Bali hampir setiap hari menggunakan dupa sebagai sarana upacara, karena Bali merupakan mayoritas Hindu. Pabrik dupa juga banyak dijumpai di Bali sehingga masyarakat bisa membawa bunga kamboja kering langsung ke pabrik.  (pur)