Perkembangan Luar Biasa, 8 Tahun Terakhir Aset LPD Tuka Capai Rp 35 Miliar

26

Mangupura (Bisnis Bali) – Pengembangan LPD secara maksimal, membutuhan usaha dan semangat yang tinggi. Tidak menutup kemungkinan juga membutuhkan pengorbanan dan keikhlasan dalam mengerjakannya, agar lembaga keuangan milik masyarakat tersebut benar-benar mampu memberikan manfaat.

Hal tersebut yang telah dilakukan  Kepala LPD Desa Adat Tuka, Kuta Utara, Badung I Made Dwiantara, S.E.,  yang pada awal kepengurusannya, di tahun 2010 tertatih-tatih dengan total aset  Rp 1,8 miliar dan dibarengi berbagai permasalahan khususnya kredit dengan NPL 6 persen.

Saat ditemui di Dalung belum lama ini, pria yang sebelumnya pernah mengabdi menjadi Bendesa Adat Tuka pada tahun 2005 hingga 2008 mengatakan, dengan berbagai upaya dan kerja keras yang dilakukannya,  hingga saat ini asset LPD Desa Adat Tuka sudah mencapai Rp 35 miliar.

Diceritakannya, pada awal kepengurusannya, pria yang sebelumnya bergerak di pariwisata ini sampai menjual asset pribadinya untuk ditanamkan di LPD. Dia mengaku, hal itu dilakukannya guna mendorong kepercayan masyarakat terhadap LPD. “Jika tidak saya duluan yang percaya kepada LPD, bagaimana masyarakat bisa percaya. Dengan itu saya menaruh dana saya di LPD untuk dikelola,” ungkapnya. (wid)